HUBUNGAN ANTARA BANDWAGON EFFECT ESTETIKA INSTAGRAM DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PENGGUNA INSTAGRAM PADA REMAJA DI KELURAHAN CIPARI TAHUN 2025
DOI:
https://doi.org/10.64069/jkd.v1i2.10Keywords:
Bandwagon EffectAbstract
Latar belakang : Pengguna media sosial Instagram ada di urutan kedua yaitu sebesar 19,9 juta pengguna (15%). Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) , pengguna internet di provinsi Jawa Barat tahun 2020 adalah 35,1 juta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara bandwagon effect estetika instagram dengan harga diri dan kepercayaan diri pengguna instagram pada remaja di Kelurahan Cipari tahun 2025. Metode : Jenis penelitian yang digunakan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian seluruh remaja di Kelurahan Cipari sebanyak 285 orang. Sampel penelitian menggunakan metode stratafied random sampling sebanyak 74 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dengan tabel distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji rank spearman. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa dari 74 remaja sebagian besar remaja memiliki bandwagon effect estetika instagram sedang sebanyak 50 (67,6%) remaja, dari 74 remaja sebagian besar memiliki harga diri sedang sebanyak 58 (78,4%) dan dari 74 remaja sebagian besar memiliki kepercayaan diri sedang sebanyak 53 (71,6%). Berdasarkan hasil analisis bivariat didapatkan p value = 0,000 (<0,05). Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara bandwagon effect estetika instagram kepercayaan diri pengguna instagram pada remaja di Kelurahan Cipari Tahun 2025.
References
Agianto, R., Setiawati, A., & Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja. Tematik, 7(2), 130–139. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.461
Anom, A. S., & Revias Purwa Kusuma, M. (2020). Pengungkapan Estetika Fotografi Instagramable Di Era Pariwisata Destinasi Digital. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(3), 319–324. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.787
Djuna, K., & Fadillah, A. N. (2022). Pemanfaatan Fenomena The Bandwagon Effect Pada Generasi Muda Indonesia. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Hukum, 2.
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Rizqi Oktaviani, Didi Permadi, & Diryo Suparto. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 67–79. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i2.976
Tesalonika Queen Walangitan, Z., & Iriani Dewi, F. R. (2023). Harga Diri Dan Kepuasan Hidup Sebagai Prediktor Fear of Missing Out (Fomo). Versi Cetak), 8(1), 120–127. https://doi.org/10.24912/
Zatrahadi, M. F., Darmawati, D., Rahmad, R., Syarifah, S., & Arsy, N. (2023). Analisis Dampak Sosial Efek Bandwagon Pada Eksistensi Remaja: Studi di Kota Pekanbaru dan Kota Bukitinggi. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 1048. https://doi.org/10.29210/1202323581.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anggi Ulfah Mawaddah, Abdal Rohim, Alifia Azzahra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.