Penerapan Biblioterapi Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi di Rumah Sakit Umum Pekerja
Keywords:
Anak usiaAbstract
Organisasi Kesehatan Dunia (Who) tahun 2020, 3-10% anak yang dirawat di Amerika Serikat mengalami kecemasan di rumah sakit. Sekitar 3-7% anak yang dirawat di Jerman, dan 5-10% di Kanada dan Selandia Baru mengalami kecemasan di rumah sakit. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan bahwa 32 dari 100 anak di Indonesia mengalami masalah Kesehatan. Tujuan penelitian untuk menganalisa intervensi biblioterapi terhadap kecemasan anak usia prasekolah (3-6 tahun) saat menjalani hospitalisasi di Rumah Sakit Umum Pekerja Jakarta. Penelitian menggunakan metode desain penelitian studi kasus. Instrumen didapatkan dari lembar kuesioner SCAS (Spance Children’s Anxiety Scale) mengambil 2 responden. Responden I berusia 4 tahun dan responden II berusia 6 tahun berjenis kelamin perempuan. Intervensi diberikan 2 kali sehari dalam waktu 10 menit selama 6 kali pertemuan selama 3 hari. Pada hasil penelitian menurunkan kecemasan dilihat dari hasil skor kecemasan sebelum di intervensi pada responden I skor 60 dan responden II skor 55 dengan kecemasan sedang dan sesudah dilakukan intervensi responden I skor 26 dan responden II skor 22 dengan kecemasan ringan. Pada penelitian ini terbukti bahwa dengan terapi biblioterapi salah satu tindakan keperawatan yang efektif untuk mengurangi tingkat kecemasan responden terutama anak prasekolah umur 3-6 tahun. Peneliti berharap intervensi biblioterapi menjadi alternatif bagi masyarakat serta perkembangan ilmu keperawatan dalam mengurangi kecemasan anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi
References
Helena & Novy. (2021). “Menurunkan Kecemasan Anak Usia Sekolah Selama Hospitalisasi Dengan Terapi Bermain All Tangled Up Pendahuluan Metode.” 1:69– 82.
Herlina. (2020). “Bibliotherapy (Terapi Melalui
Buku).” Edulib 2(2). doi:
10.17509/edulib.v2i2.10044.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, (2020). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta, Indonesia : Kementerian Kesehatan RI.
28
Juni Purnamasari, et al., Studi Kasus: Penerapan Biblioterapi Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi di Rumah Sakit Umum Pekerja
JKD, Vol. 1, No. 2 Desember 2023 : 20-29
Oktaffrastya Septafani, Shella Mangga
Trusilawati, & Sujatmiko. (2020). “Jurnal
Sabhanga.” Jurnal Sabhanga 1(1):74–82.
Pratiwi, Wulan, & Sri Nurhayati. (2023). “Penerapan Terapi Bermain Puzzle Pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Yang
Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di Rsud Jend. Ahmad Yani Metro Application of Puzzle Play Therapy To Preschool Children (3-6 Years)
Experience Anxiety Due To Hospitalization In.” Jurnal Cendikia Muda 3(4):2023.
Rahmawati, E. A. (2020). Terapu Musik Baby Shark Mampu Menurunkan Kecemasan pada Anak Usia Prasekolah. Journal of Telenursing 2(1): 1-10. DOI: https://doi.org/10.31539/joting.v2i1.109 8
Saputro, Heri, & Intan Fazrin. (2020). Anak Sakit Wajib Bermain Di Rumah Sakit.
Sarah & Manik. (2020). “Pengaruh Biblioterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Di RS Islam Malahayati Kota Medan Tahun 2019.” SINTAKS (Seminar Nasional Teknologi … 841–49.
Zuhdataini, M. (2021). “Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah ( 3-6 Tahun ) Di Ruang Anak RSD Balung Artikel Jurnal Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Keperawatan Oleh : Munfarikatuz Zuhdataini Artikel Jurnal.”
http://www.yankes.kemkes.go.id/assets/dow nloads/PMK No. 57 Tahun 2013 tentang PTRM.pdf
Mulyawan, Muhammad, Agustina, & Marisca. (2019). Terapi Kreasi Seni Menggambar Terhadap Kemampuan Melakukan Menggambar Bentuk pada Pasien Harga Diri Rendah. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 8(01), 380–387. https://doi.org/10.33221/jiiki.v8i01.325
Mustofa, Bisri, M., Fitri, L., Hasanah, N., & Uswatun. (2022). Penerapan Terapi Menggambar Pada Pasien Harga Diri Rendah. Jurnal Cendikia Muda, 2, 227–
231.
Rahayu, S., Mustikasari, M., & Daulima, N. H. . (2019). Perubahan Tanda Gejala dan Kemampuan Pasien Harga Diri Rendah Kronis Setelah Latihan Terapi Kognitif dan
Psikoedukasi Keluarga. Journal Educational of Nursing(Jen), 2(1), 39–51. https://doi.org/10.37430/jen.v2i1.10
Ratih, A., & Tobing, D. (2020). Konsep Diri Pada Pelaku Percobaan Bunuh Diri Pria Usia Dewasa Muda Di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 56–70.
Rinawati, F., & Alimansur, M. (2016). Analisa Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Jiwa Menggunakan Pendekatan Model Adaptasi Stres Stuart. Jurnal Ilmu
Kesehatan, 5(1), 34.
https://doi.org/10.32831/jik.v5i1.112
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian
Kualitatif (Qualitative Research
Approach).
https://books.google.co.id/books?id=qy
1qDwAAQBAJ&lpg=PA21&ots=88GhzpFX
KL&dq=penelitian kuantitatif rukajat&lr&hl=id&pg=PA22#v=onepage &q=penelitian kuantitatif rukajat&f=false
Widiyanti, W. (2020). Keperawatan Jiwa.
Literasi Nusantara.
World Health Organization, Unfpa, & Organisation, W. H. (2016). Mental health systems in selected low- and middle-income countries: a WHO-AIMS cross-national analysis. World Health, 1–103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juni Purnamasari, Putri Permatasari, Lita Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.